TEKS PROSEDUR KOMPLEKS

Prosedur Kompleks

Prosedur kompleks adalah langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Terdapat banyak kegiatan di sekitar kita yang harus dilakukan menurut prosedur. Jika tidak mengikuti prosedur itu, tujuan yang diharapkan tidak tercapai. Teks prosedur kompleks memiliki tujuan memberikan petunjuk tentang cara melakukan sesuatu melalui tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang runtut. Kesimpulannya, teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi tahapan-tahapan dalam melakukan sesuatu secara runtut sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur teks prosedur kompleks terdiri dari tiga bagian, yaitu.

  • Tujuan

Pada bagian pertama dari teks prosedur kompleks ini berisi informasi mengenai tujuan dalam pembuatan atau pengoperasian sesuatu.

  • Bahan-bahan

Pada bagian kedua, terdiri dari bahan-bahan yang digunakan dalam membuat sesuatu. Tetapi tidak semua teks prosedur kompleks menyertakan bagian bahan-bahan, ada kalanya teks prosedur kompleks  tidak memiliki bagian penjelasan tentang bahan-bahan yang diperlukan.

Ada tiga jenis teks prosedur kompleks yang tidak menggunakan bagian penjabaran bahan-bahan, yaitu.

  • Teks prosedur kompleks yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana cara melakukan instruksi secara manual. Contohnya: Bagaimana Cara Mengoperasikan Komputer atau Video Game.
  • Teks prosedur kompleks yang menginstruksikan bagaimana melakukan aktivitas-aktivitas tertentu dengan peraturanya. Contohnya: Tata Cara Berkendara yang Baik.
  • Teks prosedur kompleks yang berhubungan dengan sifat atau kebiasaan manusia. Contohnya: Bagaimana Kiat Hidup Meraih Sukses.
  • Langkah-langkah

Pada bagian langkah-langkah atau tahapan, berisi tentang urutan-urutan yang harus dilakukan agar tujuan yang diuraikan bisa tercapai. Langkah-langkah atau urutan-urutan tersebut harus urut dari yang pertama hingga yang terakhir.

Pada teks prosedur, langkah-langkah itu merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah urutannya. Langkah awal menjadi penentu langkah-langkah selanjutnya.

Langkah-langkah di atas harus diurutkan secara runtut agar pembaca dapat memahami maksudnya dan mengaplikasikan langkah-langkah dengan baik. Apabila langkah-langkah tersebut tidak dilakukan dengan urut, maka tujuan yang diharapkan tidak tercapai. Jika kita perhatikan, pada bacaan teks prosedur yang telah kalian baca terdapat banyak keterangan pada masing-masing langkah yang ditempuh. Keterangan-keterangan tersebutlah yang membuat teks prosedur disebut kompleks, yang bertujuan agar pembaca lebih memahami setiap langkah-langkah yang disarankan dalam teks prosedur kompleks. Dikatakan kompleks pula karena langkah-langkah yang ada hanya akan dapat dilaksanakan dengan memenuhi berbagai syarat. Ada pula yang dikatakan sebagai prosedur sederhana, yakni yang sangat singkat tujuan dan langkah-langkahnya.

Misalnya:

Cara  mengoperasikan setrika. Pertama, sambungkan aliran listrik dengan menancapkan jack pada stopkontak dan kedua putar tombol setrika ke posisi on.

Ciri Bahasa Prosedur Kompleks

Terdapat beberapa ciri bahasa yang digunakan dalam teks prosedur kompleks yaitu dijabarkan sebagai berikut.

  1. Menggunakan pola kalimat p Tesk prosedur banyak mengandung perintah. Kalimat yang mengandung perintah disebut kalimat imperatif. Menurut fungsinya kalimat diklasifikasikan menjadi kalimat imperatif, kalimat deklaratif, dan kalimat interogatif. Kalimat imperatif berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.

Contoh:

  1. Kenali si petugas!
  2. Pahami kesalahan Anda!
  3. Terima atau tolak tuduhan!
  4. Pastikan tuduhan pelanggaran!

Kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan. Kalimat seperti itu berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu. Apabila contoh di atas diubah menjadi kalimat deklaratif dapat disajikan sebagai berikut.

Contoh:

  1. Pengendara yang terkena tilang mengenali petugas yang memberikan tilang.
  2. Pengendara memahami kesalahannya.
  3. Pengendara menerima atau menolak tuduhan.
  4. Pengendara memastikan tuduhan pelanggaran.

Kalimat interogatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan. kalimat interogatif berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu.

Contoh:

  1. Apakah Anda mengenali petugas?
  2. Apakah Anda memahami kesalahan?
  3. Siapakah yang menolak atau menerima tuduhan?
  4. Dapatkah Anda memastikan tuduhan pelanggaran?
  5. Menggunakan kata penghubung untuk mengurutkan setiap kegiatan, misalnya; kemudian, selanjutnya.
  1. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, cara yang akurat, misalnya; dua puluh menit, di oven.

Ciri Bahasa Prosedur Kompleks

Adapun ciri bahasa yang lain, dijabarkan sebagai berikut.

1. Penggunaan partisipan manusia secara umum

Contoh: Pengendara kendaaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika ditilang.

2. verba material dan verba tingkah laku

Verba material adalah verba yang mengacu pada tindakan fisik, misalnya melakukan dan menilang pada kalimat “Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.”

Verba tingkah laku adalah verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan sikap mental yang tidak tampak), misalnya menerima dan menolak pada kalimat “Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut.”

3. Konjungsi temporal

Konjungsi temporal adalah konjungsi yang mengacu pada urutan waktu sekaligus sarana kohesi teks, seperti pertama, kedua, ketiga, dan setelah. Misalnya pada kalimat “…Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja.”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: