KALIMAT

Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, baik lisan ataupun tulisan, yang mengungkapkan pikiran secara utuh. Kalimat secara lisan ditandai dengan nailk dan turunnya suara, jeda, dan intonasi. Kalimat tertulis ditandai dengan pemakaian huruf capital di awal kalimat dan di akhiri dengan tanda baca. Tanda baca titik (.) untuk menyatakan kalimat berita atau yang bersifat informatif. Tanda Tanya (?) digunakan untuk menyatakan sebuah pertanyaan. Tanda seru (!) digunakan untuk menyatakan kalimat perintah.

Kalimat bukanlah sebuah kumpulan acak dari beberapa kata, melainkan kumpulan kata yang tersusun dengan pola tertentu sesuai kaidah bahasa. Sistematika pola kalimat itulah, yang menyebabkan sekumpulan kata dapat dipahami maksud dan tujuannya. Unsur kalimat yang harus kita kenal dalam sebuah kalimat adalah subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan.

Contoh:

roti Ani makan (bukan kalimat) à karena tidak memenuhi struktur dan pola kalimat yang benar yang benar. Kata-katanya tersusun secara acak, sehingga tidak memiliki makna yang padu.

Ani makan roti. (kalimat) à tampak ciri-ciri dan karakteristik yang dimiliki sebuah kalimat yakni di awali dengan huruf capital, disusun dengan pola kalimat yang benar (SPO) dan di akhiri dengan tanda baca.

Roti makan Ani. à (bukan kalimat karena tidak terterima akal)

Sumber: Eksis. 2014. Modul Pintar Bahasa Indonesia. Yogyakarta. Citra Pustaka.

%d bloggers like this: