Mindset Sukses Seorang Pelajar Sejati

Materi ini bukan sekedar untuk dibaca, tapi untuk kamu Pahami dan Kerjakan!

Keberhasilan kamu itu lebih tergantung pada “pola pikir” kamu sejak pertama kali belajar.

Keberhasilan adalah PROSES. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang pintar dalam sekejap, termasuk Albert Einstein. Bahkan, waktu kecil Einstein merupakan anak paling bodoh di sekolahnya. Sampai-sampai gurunya bilang kurang lebih seperti ini seperti ini: “Einstein tidak akan menjadi apa-apa saat dia dewasa.” Tapi kenyataannya, sekarang dia menjadi salah satu orang yang terkenal🙂

Oh iya, ada beberapa penekanan yang ingin aku berikan di tulisanku ini, yaitu tentang kesabaran. Ada orang yang mencoba mengerjakan soal-soal ujian pertama kali, terus dia langsung bilang: “Aku tidak bisa mengerjakan soal yang sulit seperti ini.”

Please, aku butuh waktu berbulan-bulan untuk mempelajarinya. Saat ujian masuk pun aku merasa kesulitan, banyak yang tidak dijawab, karena tidak bisanya. Intinya, aku itu orang biasa-biasa aja, yang pada awalnya merasa kesulitan mengerjakan soal-soal ujian, tapi setelah belajar keras berbulan-bulan barulah aku merasa ada peningkatan dalam mengerjakan soal soal itu.

Jadi kalau mau sukses, bersabarlah…bersabarlah menguasai soal soal itu sampai bisa aku butuh waktu 3 bulan, itu pun karena ujian sudah mepet. Jadi jika ujian merupakan tujuanmu setelah lulus, maka berjuanglah untuk meraihnya. Ujian untuk semua, ujian untuk kita.

Jika kamu ingin berhasil lolos ujian, kamu harus memperhatikan 4 hal penting di bawah ini:

1. Kamu harus mau belajar, agar terbiasa dengan soal-soal ujian yang akan di ujikan.

2. Kamu harus mau latihan, supaya menjadi bisa mengerjakan bukan sekedar mengerti.

3. Kamu harus mau fokus, agar tujuan Kamu untuk masuk ujian tercapai.

4. Kamu harus mau mandiri, agar bisa menjadi pelajar sejati.

Coba perhatikan lagi ke-4 hal diatas, mulai dari mau belajar, mau praktik, mau fokus, dan hingga mau mandiri. Meski itu “diharuskan”, tapi semua itu hanya bisa terjadi seandainya kamu sendiri punya kemauan, bukan?

Itulah sebabnya saya katakan, sesungguhnya, keberhasilan kamu lolos ujian itu lebih tergantung pada pola pikir kamu selama proses berlangsung.

“Sekedar membaca” saja mungkin bisa membuat kamu mengerti bagaimana mengerjakan ujian. Tapi untuk benar-benar bisa lolos ujian, kamu harus mau “take action” dan Fokus pada tujuan!

Tapi kenyataannya, bagi kebanyakan orang justru LATIHAN + FOKUS ini yang seringkali susah dan malah sering kali dilupakan!

Oleh sebab itu, saya akan selalu mengingatkan kepada semua pelajar saat belajar, coba perhatikan 4 komponen di atas. Ini berlaku setiap waktu, dan sampai kapan pun selama kamu belajar.

Kadang saya menemukan beberapa pelajar yang mengaku “bingung”. Dia bilang “Saya sudah baca semua materi, tapi kok masih “bingung meskipun sudah baca”, mungkin dia membacanya terlalu terburu-buru dan kurang fokus.

Bahkan ada yang mengaku ‘susah’ alias tidak bisa. Masalah bukan pada bodoh, melainkan dia kurang sering mengerjakan soal-soal ujian!

Saya sarankan untuk selalu memperhatikan dan merenungkan 4 hal di atas saat menemukan kesulitan ketika belajar ujian. Dengan mengetahui letak kelemahan kamu, maka kamu akan lebih mudah memperbaikinya!

Kamu tidak perlu takut membuat kesalahan pada saat belajar. Saya bisa masuk ujian seperti sekarang ini karena sebelumnya saya pun sering membuat banyak kesalahan (bahkan lebih banyak dari kamu, hehe)!

Semakin banyak salah semakin bagus. Karena salah mengajarkan pada kita lebih banyak daripada sebuah keberhasilan.

Leave a Reply

