3 Formula Sukses untuk Mempermudah Proses Belajarmu

1. PRAKTEK atau LATIHAN

Formula ini berlaku sampai kapanpun saat kamu belajar soal-soal ujian, bahkan bila kamu sudah diterima di  sekalipun, ingat selalu PRAKTEK, saya sendiri masih melakukan PRAKTEK!

Pelajari materinya, kemudian kerjakan soal-soalnya. Bukan hanya dilihat, tapi benar-benar ditulis dan dikerjakan.

Kapan waktu yang tepat untuk PRAKTEK?

Oh… itu terserah kamu

Setiap orang mempunyai kelonggaran waktu yang berbeda-beda! Jadi aturlah waktu kamu sendiri dengan bijaksana! Kamu sudah dewasa. Bila ujian sudah dekat, luangkan banyak waktu untuk belajar soal-soal ujian.

Jika ada yang mengeluh… “saya tidak punya waktu”. Bagi saya mereka bukan tidak punya waktu, tapi kurang atau tidak mempunyai kemauan untuk kuliah.

Bila kamu belum belajar, kamu membutuhkan waktu lebih banyak untuk mempelajarinya.

Kamu punya cita-cita, ingin kuliah, demi masa depan yang lebih baik, oleh sebab itu Kamu sudah seharusnya bersedia dan mau berusaha keras untuk meluangkan waktu demi cita-cita Kamu.

Segala Kendala DIJAMIN Bisa Selesai dengan Mudah Jika Kamu Memiliki Kemauan yang Keras!

2. FOKUS

Percaya kepada saya, Kamu akan banyak godaan saat belajar. Seperti apa godaannya? Contohnya adalah malas dan melakukan hal hal yang tidak berguna.

Kalau malas untuk belajar, kemungkinan besar Kamu tidak akan lolos. Kesuksesan Kamu ditentukan oleh seberapa besar KEMAUAN Kamu untuk mau belajar. Kalau memang capek, Kamu boleh istirahat.

Hal-hal yang tidak berguna akan banyak menyita waktu Kamu. Jadi pilihlah kegiatan yang akan menunjang masa depanmu. Tentukan skala prioritas.

Kamu harus disiplin. Semua ada waktunya. Waktunya belajar, Kamu ya wajib belajar karena Kamu sendiri yang menyusunnya. Waktunya main, ya main. Terapkan disiplin dalam kegiatan sehari-harimu.

3. BELAJAR MANDIRI

Saya yakin Kamu mempunyai teman untuk membantu Kamu, tapi usahakan KERJAKAN DULU SENDIRI. Kalau sudah mentok-mentok amat baru deh bertanya ke teman.

Hindari untuk terlalu tergantung pada orang lain. Jadilah Pelajar yang Mandiri dan Berusaha untuk bisa menyelesaikan Masalah Kamu Sendiri!

Seorang pelajar harus bermental baja, tidak mudah menyerah, dan berani berfikir untuk menyelesaikan masalah diri sendiri.

Kamu adalah seorang pemimpin. Karena Kamu seorang pemimpin, Kamulah yang paling bertanggung jawab terhadap kesuksesan Kamu sendiri. Bukan orang lain.

Belajar bertanggung jawab atas hasil kerja keras sendiri akan menjadikan Kamu seorang pemimpin sejati!

Kerjakan 1 soal dulu, pahami dengan sebaik mungkin. Setidaknya Kamu perlu mengerjakannya 3 kali agar ilmu itu merasuk ke otak Kamu. Cari cara tercepat dan benar dalam mengerjakannya. Bila sudah bisa mengerjakan satu soal dengan cepat dan benar, Kamu pindah ke soal yang lain, satu per satu.

Jika Kamu sudah memiliki kumpulan soal, pelajari dari soal tahun 2010. Pastikan Kamu sudah menguasainya. Bila sudah menguasainya baru kamu pelajari soal tahun 2009. Bila sudah paham, baru Kamu pindah ke tahun 2008.

Saya sangat menyarankan Kamu mempelajari 3 soal ujian yang terakhir. Bila tidak memungkinkan setidaknya pelajari tahun 2010 saja. Fokus pada tahun-tahun yang terakhir, karena biasanya trend soal yang digunakan adalah soal soal tahun terakhir, dalam hal ini adalah soal 2010.

Ingatkah kamu saat masih bayi. Saat kamu hendak belajar berjalan, berkali-kali kamu jatuh, tapi terus mencoba untuk belajar dan belajar. Tidak kenal putus asa untuk terus mencoba. Dan akhirnya kamu bisa berjalan. Bahkan kamu sekarang bisa berlari.

Belajar soal juga seperti itu. Pada awalnya merasa sulit, tidak lolos try out, tidak mengerti bagaimana mengerjakan soal itu. Tapi jika ada kemauan yang keras dan tidak ada kata putus asa. Kamu akan terus belajar sampai bisa mengerjakan dengan baik. Bahkan kamu bisa mengerjakan soal-soal dengan cepat dan benar. Orang yang berhasil adalah orang yang paling sering mengalami kegagalan. Jadi tetap semangat untuk belajar. Dan ingatlah, di dalam setiap kesulitan ada kemudahan disana.

Tulisan ini hanyalah “jalan” untuk membuat kamu “mengerti”. Sementara kesuksesan besar itu bergantung lebih banyak kepada kamu Sendiri.

Tanamkan dalam diri, bahwa Kamu layak mendapatkan kebahagiaan, dan segala sesuatu yang kamu inginkan! Pegang teguh tujuan Kamu, dan… Terus kejar cita-cita KAMU!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: